Search
Close this search box.

3 Cara Embed Video Youtube di Website WordPress

Menambahkan video dalam sebuah artikel dapat membantu pembaca untuk memahami isi artikel tersebut. Apalagi jika artikel tersebut ditulis dalam bentuk tutorial. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara menambahkan embed video YouTube di blog atau website Anda.

Penggunaan video sebagai konten website juga digunakan oleh perusahaan besar dan kecil. Menurut Vidyard, 83 persen perusahaan kecil, 92 perusahaan menengah, dan 85 persen perusahaan besar menggunakan video sebagai konten di situs web mereka.

Berikut adalah tiga alasan mengapa menambahkan embed video penting untuk blog Anda:

1. Bagus untuk SEO

Menurut Comscore, halaman yang memiliki konten video di dalamnya 53 kali lebih mungkin muncul di halaman pertama hasil pencarian Google. Konten video dapat membuat pembaca blog menghabiskan lebih banyak waktu di halaman Anda sehingga mendapatkan poin bagus di peringkat Google.

2. Lebih Mungkin Dibagikan di Media Sosial

Dibandingkan konten lain, konten video 10 kali lebih mungkin dibagikan di media sosial (Sumber: Content Marketing Institute).

3. Tingkatkan Konversi

Berdasarkan laporan Vidyard, 70 persen responden menyatakan bahwa konten video marketing efektif meningkatkan konversi.

Berikut adalah 3 cara untuk menyematkan video YouTube ke WordPress.

Kami menyajikan 3 cara untuk menambahkan video di blog Anda yang dapat Anda pilih sesuai keinginan Anda. Ketiga cara tersebut mudah, Anda bisa melakukannya dengan cepat.

1. Cara Menyematkan Video YouTube dengan URL

Cara pertama ini sangat mudah karena Anda hanya perlu menyalin URL video langsung ke postingan dan secara otomatis akan muncul embed video di postingan Anda. Berikut langkah-langkahnya:

1. Salin tautan video YouTube yang akan ditambahkan ke artikel

2. Buka dashboard WordPress dan klik “Add New Post”

3. Paste link tersebut ke post yang Anda inginkan dan akan muncul hasil seperti di bawah ini

Tidak hanya YouTube, WordPress juga menyediakan cara otomatis ini untuk video dari platform lain. Beberapa di antaranya adalah Twitter, Facebook, Vimeo, Dailymotion, dan TED.

Kerugian dari metode ini adalah Anda tidak dapat mengatur ukuran embed video youtube yang ditambahkan. Ukuran embed video akan disesuaikan dengan default dari WordPress.

2. Cara Menyematkan Video YouTube dengan Kode Pendek

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ukuran embed video yang ditampilkan akan mengikuti ukuran default WordPress jika Anda menggunakan metode otomatis.

WordPress juga memungkinkan Anda untuk mengatur ukuran embed video YouTube dengan menggunakan shortcode. Untuk dapat mengatur ukuran embed video yang ditampilkan, Anda dapat menggunakan shortcode di bawah ini:

cara menyematkan ukuran video youtube

Anda dapat mengubah ukuran tinggi (height) dan lebar (width) sesuai keinginan.

3. Cara Menyematkan Video YouTube dengan Plugin

Meskipun Anda harus sedikit mengutak-atik kode untuk mengubah ukuran embed video YouTube, metode kedua tidak terlalu sulit untuk diterapkan. Namun, Anda harus menulis ulang kode di atas setiap kali Anda menambahkan video embed ke artikel blog atau situs web Anda.

Untuk mengatasi masalah di atas, ada banyak plugin yang dapat membantu Anda menambahkan embed video YouTube dengan mudah. Beberapa plugin embed video YouTube yang bisa Anda gunakan adalah sebagai berikut:

YouTube oleh Embed Plus

Plugin ini sudah diunduh sebanyak lebih dari 200.000 kali di WordPress dan termasuk salah satu plugin YouTube paling populer.

Fitur-fitur:

-Otomatis meletakkan embed video di center

-Otomatis memulai embed video

-Menyembunyikan related video di akhir

-Menyembunyikan judul video atau informasi lainnya

-Membuat embed video responsif sehingga video bisa dilihat dengan nyaman baik di perangkat desktop ataupun mobile

YouTube Showcase

Jika Anda menjalankan blog atau website yang banyak menggunakan video dari YouTube, Anda bisa menggunakan plugin ini untuk membantu membuat tampilan yang menarik untuk kumpulan video YouTube di blog atau website Anda.

YouTube Showcase membantu Anda menampilkan video YouTube dalam bentuk galeri atau kisi.

Penyematan YouTube WpDevArt

Plugin video YouTube ini memiliki pengguna aktif sebanyak lebih dari 10.000 pengguna. Beberapa fitur yang ditawarkan adalah sebagai berikut:

-Kompatibel untuk semua versi WordPress

-Bisa menambahkan embed video YouTube di post dan widget

-Bisa mengatur ukuran embed video (panjang dan lebar), pilihan autoplay, pilihan loop, pilihan fullscreen, dan pilihan informasi.

-User friendly back end

Hide YouTube Related Video

Salah satu kelemahan dari fitur otomatis cara embed video youtube dari WordPress adalah selalu menunjukkan related videos di akhir embed video. Sepertinya related video di akhir embed video adalah masalah banyak orang. Buktinya plugin ini memiliki pengguna aktif sebanyak lebih dari 20.000 pengguna.

Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan plugin ini. Hide YouTube Related Video memungkinkan Anda untuk menghapus related video di akhir embed video di WordPress.

YouTube Widget Responsive

Plugin YouTube Widget Responsive menyediakan fitur untuk menambahkan embed video di sidebar situs Anda. Sebanyak lebih dari 30.000 pengguna telah memanfaatkan plugin ini. Beberapa fitur lain yang disediakan adalah sebagai berikut:

-Memilih menit dan detik dimulai dan berakhirnya embed video

-Otomatis mengaktifkan atau mematikan subtitle

-Memilih tema untuk control bar

-Memilih warna untuk progress bar

-Pilihan untuk menonaktifkan control bar

-Loop mode

-Pilihan untuk menonaktifkan mode full screen

-Option mute di awal embed video

-Pilihan untuk menonaktifkan related videos di akhir embed video

-Pilihan untuk menulis deskripsi di bawah video

-Menampilkan tombol subscribe YouTube

YourChannel

Fitur yang disediakan YourChannel hampir sama dengan YouTube ShowCase. Plugin ini memungkinkan pengguna untuk mengkurasi video-video YouTube-nya di laman website. Beberapa fitur yang disediakan adalah sebagai berikut:

-Smooth transition

-Quick translation

-Pilihan autoplay

-Visual builder yang mudah digunakan dengan live preview

Kesimpulan

Konten video di website penting untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis Anda. Oleh karena itu, Anda harus bisa menampilkan konten tersebut dengan sempurna agar pengunjung website bisa melihatnya dengan nyaman.

Baca juga: Cara menggunakan Putty dengan benar dan benar

Jika Anda seorang pebisnis yang menjual produk/jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki website toko online untuk mempromosikan produk. Anda bisa membuat website toko online di Professional Online Store Website Development Services. Dengan bantuan jasa pembuatan website akan membantu anda untuk mewujudkan website yang anda inginkan.

Terima kasih dan semoga bermanfaat… Sukses untuk kita semua

Postingan Terkait