Search
Close this search box.

15 trik bentuk Web Supaya Tampak elegan serta Menarik

Membuat rancangan web yang baik serta menarik mungkin menggambarkan suatu tantangan untuk beberapa besar orang. Permasalahannya rata- rata karna tidak tahu mesti mulai dari mana. Nah, postingan ini bakal mangulas metode rancangan web yang aksi serta menarik dari awal hingga akhir.

15 Metode Merancang Web Supaya Tampak elegan serta Menarik

Selanjutnya kita hadirkan metode konsep web supaya web Kamu mempunyai tampilan yang elegan serta menarik cocok dengan tipe web yang Kamu punya. Tiap tipsnya dapat Kamu simak dengan mudah serta langsung Kamu praktekkan di web Kamu.

1. Tetapkan tujuan dulu!

Saat sebelum berasumsi ingin mengenakan warna apa, font apa, headernya semacam apa, hal paling awal yang wajib Kamu jalani dalam merancang web ialah memilih tujuan web terlebih dulu.

Kenapa tujuan web berarti dalam konsep web? Karena tujuan yang mau Kamu peroleh merupakan bawah dalam memastikan konsep web dengan cara keseluruhan. Apakah tujuan web Kamu buat memberi cerita ekspedisi? Ataupun Kamu akan memuat web dengan bimbingan teknologi?

Ketahui tujuan yang mau Kamu peroleh terlebih dahulu, setelah itu Kamu dapat lanjut membaca poin sesudah ini.

2. susunan Web

Sesudah mengenali tujuan web Kamu, tahap penting berikutnya yang perlu Kamu pahami merupakan mengenai susunan web. Gambar di atas merupakan susunan web pada biasanya, terdapat header, sidebar, konten pokok, serta footer. Tiap blogger bisa memodifikasinya cocok hasrat serta kemauan.

Apa saja isi dari tiap bagian web? Berikut penjelasannya.

Di bagian header, umumnya diisi oleh judul ataupun julukan web beserta gambaran singkat mengenai web. Menu navigasi serta kolom pencarian umumnya juga terdapat di bagian ini.

Setelah itu di bagian sidebar, Kamu dapat mengisinya dengan profil media sosial, postingan terpopuler, postingan saran, arsip postingan, ataupun tombol subscribe web.

Bagian berikutnya ialah konten pokok. Konten penting jelas diisi oleh artikel- artikel yang Kamu catat.

Terakhir ialah bagian footer. Di bagian footer Kamu dapat mengisinya dengan disclaimer, privacy policy, kontak Kamu, ataupun tombol share media sosial.

3. Tampilkan Cerita Singkat

Awal, pastikan Kamu memiliki penjelasan singkat tentang web Kamu. Umumnya penjelasan singkat ini terletak di dasar judul ataupun sebutan web. Misalnya, web Kamu merupakan web tekno, deskripsinya bisa semacam ini,“ Web yang membahas seluruh perihal teknologi”.

Di tahap ini daya cipta Kamu mulai dicoba. Kamu butuh menyampaikan mengenai keseluruhan web dalam suatu perkataan pendek. Kenapa kalimat deskripsi web wajib singkat? Karena pengunjung Kamu butuh tahu web apa yang lagi mereka baca.

Deskripsi singkat tidak cuma berarti buat web dengan cara keseluruhan, namun juga buat tiap postingan ataupun konten web. Dengan sedemikian itu, pembaca dapat mengenali secara singkat artikel semacam apa yang akan mereka baca, saat sebelum menekan tombol“ Read More”

4. Navigasi Mudah serta Sederhana

Pada saat pembaca Kamu ingin membaca satu tema khusus dari web Kamu, menu mana yang harus mereka klik? Bila mereka mau membaca artikel yang terbit 2 tahun tadinya, menu mana yang wajib mereka seleksi? Jika pembaca mau mengenali siapa owner web, tombol mana yang mesti mereka klik?

Intinya ialah Kamu mesti membuat navigasi yang simpel serta gampang dimengerti seluruh orang. Perihal ini mempermudah pengunjung web buat berpindah- pindah dari satu halaman ke halaman lain, dari satu postingan ke postingan lain, dari satu tag ke tag lain.

Bila wisatawan bisa dengan mudah membaca web Kamu, pasti mereka bakal menghabiskan durasi lebih lama maka tetap saja menguntungkan Kamu selaku owner web. Janganlah membuat navigasi yang sulit, apalagi jika tujuannya cuma buat“ nampak aksi”. Konsep web aksi yang sebetulnya terdapat pada keringanan pengunjung dalam menavigasikan web Kamu.

5. Mengenakan Slider? Coba diperhitungkan Lagi!

Bisa jadi pernah terpikir jika menggunakan slider di web merupakan sesuatu perihal yang elegan. Tetapi, Kamu sebaiknya membuang jauh- jauh konsep itu. Bagi suatu riset, cuma 1 persen wisatawan yang mengklik konten di slider. Sekali lagi, cuma satu persen. Itu maksudnya apabila terdapat 100 pengunjung, cuma 1 pengunjung yang mengklik slider Kamu.

Slider memanglah nampak elegan, namun tidak efektif serta efisien. Pasti Kamu tidak ingin mengorbankan 99 wisatawan web cuma buat satu pengunjung, bukan?

Terlebih lagi, slider menyantap durasi lama buat loading maka bakal berpengaruh jelek ke page loading web Kamu. Tentang terburuknya merupakan menyusutnya kinerja SEO Kamu yang diakibatkan oleh page loading yang lambat.

Tidak hanya itu, tidak seluruh slider telah dioptimisasi buat jenis mobile. Jadi tidak memakai slider merupakan tahap terbaik buat rancangan web Kamu.

6. White Space itu Penting

Saat sebelum pusing- pusing memilah warna, terdapat satu perihal berarti yang wajib Kamu cermati, ialah white ruang. Apa itu white ruang? Meminjam sebutan dari Computer Hope, white ruang merupakan bagian dari suatu konsep yang tidak dipakai.

Dengan cara sederhana, white space merupakan ruang kosong di rancangan web Kamu. Kehadiran white space ini berarti supaya web Kamu tidak kelihatan sangat ramai. White space pula menolong pembaca supaya lebih gampang dalam membaca artikel- artikel web.

7. Tampilkan Profil Media Sosial

Profil media sosial pula ialah bagian berarti di konsep web. Jangan lupa buat menampilkan profil- profil media sosial Kamu di bagian sidebar ataupun footer supaya pembaca dapat mengenali siapa owner web yang mereka datangi.

8. Pentingnya Subheading

Mulai masuk ke ulasan buat susunan konten. susunan konten pula berarti buat konsep web. Dengan susunan yang bagus serta konsisten, pembaca bakal lebih gampang dalam membaca postingan Kamu.

Nah, salah satu metode untuk membuat susunan konten yang bagus ialah dengan menggunakan subheading. Subheading dipakai buat menarangkan poin- poin berarti dalam suatu postingan.

Apabila menggunakan WordPress, Kamu dapat mendapatkan fitur subheading ini di menu editor. Ada opsi Subheading 1, Subheading 2, Subheading 3, dan seterusnya.

Subheading 1 umumnya dipakai buat bagian judul. Sementara itu subheading 2 umumnya dipakai buat memperlihatkan poin- poin penting dalam postingan. Kemudian subheading 3 dipakai buat menarangkan poin- poin dari subheading 2.

9. Tambahkan Gambar

Sesudah membuat susunan artikel yang rapi serta gampang dibaca, Kamu pula butuh meningkatkan gambar yang sedang berkaitan dengan artikel Kamu. Sebaiknya terapkan gambar- gambar yang nyata copyrightnya. Bila Kamu memakai lukisan kepunyaan orang lain, jangan lupa buat menuliskan sumber di dasar gambar itu.

Lebih bagus lagi jika Kamu memakai infografik. Infografik memudahkan pembaca buat memahami artikel lewat ilustrasi visual.

10. Beri Warna Juga buat Link

Dalam postingan Kamu, pasti terdapat link ataupun tautan- tautan, baik internal link( link ke artikel lain dalam web) ataupun external link( link ke web ataupun web lain). Jangan lupa buat berikan warna berbeda buat kata ataupun perkataan yang memiliki link. Contoh, warna font yang Kamu maanfaatkan merupakan hitam hingga warna font buat kalimat berlink ialah warna biru.

11. Maksimum 3 Tipe Font

Ungkapan the more, the merrier( lebih banyak, lebih megah) tidak berlaku ketika Kamu lagi memilah tipe font buat web. Tipe font buat web tidak butuh banyak, cukup 3 tipe saja. 3 ialah nilai maksimum, Lebih dari itu cuma bakal membuat web Kamu terlihat berantakan serta tidak profesional.

12. Maksimum 3 Warna

Begitu pula dengan warna, Kamu tidak perlu memilah banyak warna buat konsep web Kamu, cukup 3 saja. Warna awal merupakan warna pokok, ialah warna yang berkaitan dengan bukti diri web Kamu. Misalnya, logo web Kamu bercorak biru, Kamu dapat memilah warna biru selaku warna pokok web Kamu supaya pembaca terus menjadi sering di dengar kalau biru merupakan identitas web Kamu.

2 warna yang lain Kamu dapat memilih bebas, pasti disesuaikan dengan selera serta warna pokok yang telah ditentukan di dini.

13. Jaga Konsistensi

Hal terpenting dalam desain blog adalah menjaga konsistensi di setiap bagiannya. Mulai dari warna, font, struktur konten, sidebar, footer, header blog, menu, hingga navigasi bar. Warna tombol menu di beranda harus sama dengan warna tombol menu di halaman lain. Begitu juga dengan font dan komponen desain blog lainnya.

Konsistensi desain blog akan membuat pembaca merasa lebih mengenal blog Anda.

14. Desain Blog Ramah Seluler

Saat memilih template atau tema blog, selalu pilih template yang mobile friendly. Karena kebanyakan orang mengakses internet melalui perangkat mobile.

Menurut survei perilaku penggunaan internet di Indonesia oleh APJII, ditemukan bahwa 44,16 persen masyarakat Indonesia mengakses internet hanya melalui perangkat seluler. Kemudian sebanyak 39,28 persen masyarakat mengakses internet melalui perangkat mobile dan desktop. Sementara itu, hanya 4,49 persen yang mengaksesnya hanya mengakses desktop.

15. Jangan Gunakan Latar Belakang Gelap

Terakhir, jangan gunakan latar belakang gelap karena Anda harus memilih warna kontras dari latar belakang font Anda. Pada akhirnya Anda harus memilih warna font yang terang jika menggunakan latar belakang yang gelap. Dan warna font yang cerah tidak familiar bagi sebagian besar pembaca sehingga akan mengganggu pengalaman membaca mereka. Oleh karena itu, hindari warna gelap untuk background.

Kesimpulan

Merancang web memanglah memerlukan waktu yang tidak sedikit serta dibutuhkan ketelitian. Kamu tidak merancang web cuma bersumber pada selera saja, namun pula berdasarkan pengalaman pembaca serta dari bagian SEO.

Dengan mengikuti langkah- langkah di atas, diharapkan Kamu dapat membuat konsep terbaik buat web Kamu. Apabila ada pertanyaan, perihal yang tidak dimengerti, ataupun masukan, silakan tinggalkan komentar di bawah ya!

Baca juga: Khasiat Web& Profit Mempunyai Web, Apa Saja?

jasa apapun dan ingin meningkatkan penjualan bisnis, maka Anda perlu memiliki website toko online untuk mempromosikan produk. Anda bisa membuat website toko online di Professional Online Store Website Development Services. Dengan bantuan jasa pembuatan website akan membantu anda untuk mewujudkan website yang anda inginkan.

Terima kasih dan semoga bermanfaat… Sukses untuk kita semua

Postingan Terkait